Minggu, 17 Januari 2010

DUNIA MEMANG SEMPIT

Orang pertama: Eh men, gw naksir ama cewe nih, kemaren gw ketemu ama nih cewe, gw kenalan deh ama dia, dapet fotonya lagi

Orang kedua : oh yah bagus deh, udah lama lo ngejomblo, mana liat fotonya

Orang pertama : tadi malem gw ambil dari FSnya dia (sambil ngeluarin HPnya), nih liat deh fotonya cakep yah

Orang kedua : (jidat mengkerut, mata memicing, dan akhirnya mulut mangap!) ih begooo ini mah cewenya temen gw dulu

Orang pertama : DUNIA MEMANG SEMPIT yah!

Pernah ngalamin kejadian yang hampir serupa kaya gitu?, atau lo punya satu kejadian yang salah satu dari lo dengan dia menyebutkan kata “dunia emang sempit yah”

Emang sih kalo di pikir ama akal sehat yang di beri nutrisi ama makanan yang belum kadaluwarsa, dunia itu ga ada ujungnya, luasnya ga bisa di capai ama manusia terkuat manapun, bahkan superman aja yang mau mecahin rekor MURI (ini mah Supriman dari tegal) aja nyerah! mau terbang dari ujung dunia ampe ujung lagi, soalnya dunia itu sebenernya luas banget

Tapi kenapa banyak orang yang bilang kalo “dunia itu sempit”, dari pertapaan gw di tempat yang begitu tenang dan berpotensi untuk melahirkan pikiran-pikiran (kelewat) jenius, tak lain dan tak asing lagi di WC kosan gw, terciptalah satu jawaban dari semua ini, manusia bisa bilang kalo “dunia itu sempit” karena INTERAKSI SOSIAL (gila jawabannya anak IPS banget yah)

Kenapa gw bilang karena INTERAKSI SOSIAL?, okeh gw jelaskan sedetail mungkin

Manusia itu khan tercipta sebagai mahluk social, yang ga bakal idup sendirian, mereka ga mungkin bisa idup kalo ga ada orang lain, pasti membutuhkan yang lainya, contohnya kalo kalian mau bikin kue molen, tapi kalian bisanya Cuma bikin kue pukis, tapi lo harus punya kue molen ga bisa kue pukis, alhasil lo harus minta bantuan orang yang bisa bikin kue molen, atau kalo lo mau ke suatu tempat tapi lo ga bisa bawa kendaraan, akhirnya lo memutuskan untuk naek ojek atau naek bis khan, atau contoh yang paling sering kita rasakan, kalo misalnya lo udah ngejomblo lamaaaa banget, apa yang lo lakuin, pasti nyari pacar khan, ga mungkin banget kalo lo bisa nyiptain pacar sendiri

Nah dari situ, kita berinteraksi dengan orang-orang di sektar kita, kita emang butuh orang lain di hidup kita, tapi ada satu yang gw takutin tapi orang-orang pada suka ama kejadian ini yaitu UJAN DUIT, kepikiran ga sih kalo ada ujan duit di dunia ini, orang-orang jadi kaya mendadak, dan ga perlu ngerasa punya kewajiban untuk bekerja, para petani yang biasanya (maaf) miskin ngerasa udah kaya dan ga perlu lagi nyangkul di sawah, nanemin padi, ngebajak sawah, lah terus kita makan apa???, terus pegawai Telkom yang udah kaya ga perlu lagi kerja, terus kita kalo mau nelpon si pacar ato si gebetan gimana?

Makanya kita itu ga bisa idup sendirian, dari interaksi social yang kita lakuin setiap waktu dan setiap saat, kita bisa mengenal banyak orang, misalkan kalo naek ojek, ga sedikit khan kalo si mamang ojek yang cerewet, pas kita naik terus ditanya-tanya “darimana dek?, mau pulang yah, sekolahnya dimana dek?” nah kalo kita ngeladenin tuh mamang ojek, maka secara ga langsung kita mengenal si mamang ojek itu khan, dan kita punya satu orang yang mengenal kita, atau di lingkungan baru, misalkan para mahasiswa baru yang baru masuk Universitas, biasanya mereka punya suasana baru, yaitu suasana mandiri, ya kita bilang aja idup ngekost, dari kita di lingkungan baru itu, kita perlu berinteraksi dengan orang disekeliling kita khan, seperti kenalan ama temen sebelah kamer kost, atau mencoba mengakrabkan ibu kost biar bisa dapet diskon uang kost, karena salah satu cara anak kost biar ga di bawelin ama ibu kost yaaa mengakrabkan ibu kost(yang ini memang tidak nyambung)

Seperti yang gw omongin tadi, kita hidup ga bisa sendirian, berarti kita emang harus berkenalan dengan sekeliling kita, dari berkenalan itu, berarti kita menambah temen, semakin banyak temen kita, hidup kita bakal lebih mudah, yaaa contohnya kalo lo ga punya duit di akhir bulan, khan bisa minjem duit temen lo, ato kalo ga punya makanan bisa parasit ke temen lo, ato juga bisa kalo misalkan kalo lo dah siap bekerja, lo bakal butuh temen untuk sekedar relasi buat lapagan kerja lo

Dari perkenalan itu, kita bisa memperluas tali silahturahmi kemana-mana, kaya waktu gw SMA, gw belom pernah punya temen anak Jakarta, anak bogor, anak depok, setelah gw kuliah gw udah punya banyak temen dari daerah tersebut, itu karena INTERAKSI SOSIAL, nah semakin gw punya banyak temen….

Menurut lo apa yang bakal terjadi kalo khususnya gw, dan umumnya lo semua, kalo kita punya banyak temen dan banyak kenalan, berarti kita punya banyak temen di daerah manapun dan kita bakal bilang kalo, DUNIA SEMAKIN SEMPIT, karena kita udah mengenal orang-orangnya dan daerahnya juga

Mungkin kalian pernah ngerasain kaya gini, contohnya gw, saat pertama kali gw berada di depok, gw ngeliat depok itu luaaaaassss banget, tapi kalo setiap gw menginjakan kaki di serang kayanya serang itu sempiiit banget, karena apa, karena kita udah mengenal kota kita sendiri, makanya kita itu berasa sempit kalo ada di kota sendiri, karena kita udah sering ngelewatinnya

Begitu juga dengan manusia, akan berasa sempit kalo kita banyak mengenal orang-orang, misalkan lo itu orang yang eksist di suatu lingkungan, pasti semua orang bakal mematok lo sebagai acuan, contohnya aja kalo ketua OSIS, atau ketua BEM, biasanya orang bakal nanya

“lo kenal si itu ga”
‘oh iyah gw kenal, ketua OSISyang suka ngutang itu khan’
‘Iyah bener, yang itu’
‘wah berarti dunia sempit yah, khan dia dari merauke, sedangkan gw orang aceh’

Bener khan kalo semakin kita banyak mengenal orang, maka semakin sempit dunia kita, karena kita megenal banyak orang

Sekarang kita berandai-andai (ini kaya kuis-kuisnya tantowi yahya sih), misalkan dunia itu bagaikan satu kotak yang berluas 100 hektar yang isinya orang-orang yang tidak saling mengenal, lalu dalam beberapa waktu, salah satu dari mereka kita beri nama si joker ato si jago boker, berkenalan dengan orang yang lainnya contohnya si jajat ato si jago manjat alhasil mereka saling mengenal, lalu mereka berjalan berdua layaknya seorang sahabat, lalu mereka bertemu dengan si fia cewe yang (menurut mereka) cantik, lalu si joker naksir ama si fia, setelah beberapa hari, akhirnya karena si joker lagi berkonsentrasi dengan si fia cewe yang dia taksir, maka si jajat di cuekin dan jajat nyari temen baru, si jajat maen ke suatu tempat dan dia berkenalan lagi dengan si jamen ato si jago maen, mereka juga bersahabat, namun setelah beberapa hari, jamen curhat ke jajat kalo dia suka ama cewe dan nunjukin fotonya, ternyata dialog seperti diatas tercipta, bahwa ternyata cewe yang di taksir jamen adalah fia, pacarnya temen dia juga yaitu si joker

Nah terbukti bahwa INTERAKSI SOSIAL yang dilakukan mereka menimbulkan satu hubungan yang menghubungkan antara beberapa mahluk yang berjauhan, makanya mereka bisa bilang kalo dunia itu sempit

Maka dari itu kalo lo mau mempunyai motto hidup kaya iklan Hape dulu, seperti “JARAK MENJADI TIDAK BERARTI” maka lo harus bisa berinterkasi social dengan orang-orang di sekeliling lo

Jadi selamat berkenalan dengan orang lain dan membuat dunia ini menjadi sempit

Tips : banyak merokok merusak kesehatan, banyak minta rokok merusak pertemanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar