Minggu, 17 Januari 2010

GUNAKANLAH PRODUK INDONESIA !!!

Baju Volcom, Celana Levis, sepatu Nike, celana dalem Calvin klein, rokok Marlboro, makan di KFC, minum coca cola… mungkin ini serinng banget kita liat kan di mana-mana, semua serba import, serba luar negeri…

Serba import udah lama jadi trend di indonesia, namun kemanakah produk indonesia yang terkenal di luar negeri itu sendiri, kayanya semua produk indonesia melempem di negeri sendiri

Gw jadi inget waktu belajar ekonomi di SMA, guru gw ngomong gini ( indonesia itu kaya bertamu di rumah sendiri), gimana enggak produk indonesia jarang banget yang di pake di indonesia.

Coba sekarang lo inget-inget, liat apa yang sekarang lo pake, dari ujung kepala ampe ujung kaki, pasti ada aja yang make produk luar.

Contoh. Dari kepala, lo shampoo pake apaan, lo sabunan pake apaan, lo pake baju apa, pake celana dalem apa, pake boxer apa, pake celana apa, atau lagi merokok apa, atau lo gunting kuku pake produk darimana. Mungkin dari ujung kepala lo shampoo pake pantene (gw ga tau pantene produk mana, kayanya sih luar, tapi okelah, indonesia emang belum bikin shampoo), terus baju merek apa produk darimana, celana dalem, boxer, celana yang lo pake, atau lo gunting kuku pake produk indonseia ga? (gw yakin lo gunting kuku pake gunting kuku buatan china), mungkin paling sering pake buatan indonesia yaaa rokok djarum buatan kudus.

Coba sekarang lo inget-inget dan liat-liat, apa aja yang lo pake di kehidupan sehari-hari?

Contoh. lo keluar tempat tinggal lo, mau jalan kaki, atau naik kendaraan, apakah lo pake produk indonesia, kalo jalan kaki, mungkin lo pake sendal jepit swallow (produk mana sih nih swallow) nah apakah sendal jepit lo itu buatan indonesia? Atau mungkin lo naek motor atau mobil, gw yakin jarang-jarang banget orang pake kendaraan buatan indonesia. Kemaren-kemaren gw ngeliat di berita anak-anak SMK bikin mobil buatan asli indonesia dengan merek ESEMKA, modelnya keren-keren kok, yaaa kalo masalah kualitas mesin kita masih kurang canggih ama jepang atau jerman. Tapi dengan membuat kendaraan sendiri kan udah usaha yang luar biasa banget

Kemarin-kemarin gw liat iklannya Melanie Putria yang syutingnya di kampus gw, dia bilang kalo waktu dia keluar negeri kualitas produk yang paling bagus tuh malah produk dari idonesia lo, ini emang bener dan gw ngalamin sendiri (bukan keluar negerinya, naek pesawata aja belum pernah)

Contoh. Produk sepatu merek luar negeri seperti Nike & adidas, semuanya dibuat dipabrik daerah tanggerang, jadi mekanismenya, tuh sepatu dibuat di indonesia, terus dikirim keluar negeri, baru di sebar keseluruh dunia (sok tau banget gw yah), misalkan lo keluar negeri terus beli sepatu dengan merek tersebut, lalu liat made in mana, pasti kalo lo beli di toko-toko yang menjamin kualitas bagus, barang tersebut akan Made In Indonesia. Masih inget Piala Dunia 1998 yang di Perancis, ini bukan rahasia lagi kalo bola resmi adidas yang dipake di piala dunia 1998 itu buatan majalengka daerah mau kecirebon sana.

Itu semua ngebuktiin kalo produk indonesia udah diakui dunia, terus apa yang kita lakukan, kita semua teteeeep ajah masih pake produk buatan luar

Padahal kalo lo pake produk indoneia, lo bisa menghemat anggaran lo sampe 50% (mungkiiin!), karena produk indonesia itu jauuuuuuuh lebih murah daripada produk luar dan kualitasnya jauuuuuuuuuuh lebih bagus dari produk luar (dengan asumsi barang yang sudah & bisa dibuat oleh Indonesia)

Nah dari apa yang udah sedikit gw bahas, pertanyaannya apakah kita udah berusaha memperkaya indonesia atau belum?

Kalo indonesia kaya, kita juga sejahtera kan. Kalo emang kita mau memperkaya indonesia, usahanya ga susah kok, pake aja produk indonesia yang udah di akuin dunia?

Gw punya tips & trik bagaimana lo pake produk indonesia, dan tetep bisa bergaya

Dimulai dari fashion, fashion indonesia ga kalah dari paris, liat bandung, produknya banyak banget yang bagus.

Dimulai dari baju, lo bisa mulai dari hunting baju-baju distro disana, ga perlu juga kan lo beli yang merek luar kaya Volcom, quiksliver, atau versace, lo bisa cari di airplane, ouval, Dagadu atau 3second, atau lo suka baju luar dengan gambar band-band luar seperti avenged 7 fold metalica, JET, coldplay, maroon five atau the used kenapa kita ga sekalian promosiin band dalam negeri yang ga kala kerennya kaya burgerkill, seringai, The S.I.G.I.T, nidji, peterpan atau alone at last, selain lo bisa berhemat, lo juga bisa promosiin band dalam negeri, siapa tau band-band kita bisa go international. Atau gambar penyanyi-penyanyi terkenal disana kaya gambarnya madonna, beyonce, atau jason mraz, kenapa ga pake gambarnya Alm. Chrisye, Rossa, atau gambarnya tiga diva, yang penting desainnya dibuat sekeren mungkin dan ga norak, itu udah ngebuat orang-orang tertarik untuk makenya

Atau lo mau bergaya ala model-model luar, ngapain juga lo harus make Versace, Dolce & Gabana (kepleset dikit jadi dorce gamalama nih) atau Valentino, dilihat dari harga pun, Masya Allah mahalnya, bisa buka usaha somay tuh, kenapa coba kita ga pake produk keluaran Ivan Gunawan, adjie notonegoro (bener ga yah namanya) atau perancang-perancang busana dalam negeri, gw kira ga kalah jauh dari merek luar mungkin lebih bagus. Dan yang harus kalian tau indonesia punya fashion yang dahsyat, tau ga apaan? BATIK!, baju batik itu mega karya indonesia, sekarang, coba lo liat di luar negeri sana, mana ada orang bule bisa ngelukis batik, batik itu lebih keren dari rancangan orang luar, mau dibikin kemeja, kebaya, tank top, ampe boxer juga ada yang motif batik., selain batik itu keren, batik juga bisa bikin kita ngerasa indonesia banget.

Lalu celana jeans, emangnya wajib yah jeans harus dari amerika atau luar negeri lain, coba lo liat jeans produksi H. Rahmat yang udah terkenal di jakarta, gw aja bikin jeans di rahmat, soal model tereserah maunya kayagimana, awet, dan yang pasti murah, ga perlu juga kan kalo mau gaya harus pake levis atau LEA yang harganya mahal banget.

Sepatu! Ga harus pake brand dari luar negeri, kalo mau gaya, lo bisa pake merek gummo yang dikeluarin ouval, atau kalo mau formal, lo bisa pake JK collection yang kualitas dan gensinya lebih tinggi, sepatu olahraga, misalnya basket, lo bisa pake LEAGUE, setelah adek gw beli dan gw minjem, ternyata lebih nyaman dari sepatu luar, lebih enak dan kodelnya juga karen banget, atau yang bikin gw seneng, para pemaen bola atau futsal lebih milih SPECS daripada merek luar, malahan waktu gw mampir di suatu toko olahraga di depok harga SPECS lebih tinggi dari merek luar yang banyak diskonnya (biasanya perusahaan atau toko kalo produknya kurang laku, bakal ngeluarin diskon-diskon) itu artinya SPECS lebih bergengsi dari sepatu bola merek luar negeri.

Dari sisi tranportasi, kita emang belum sehebat jepang atau jerman seperti yang udah gw bilang, tapi kita bisa kan ngebuat mobil yang dilakuin ama anak-anak SMK itu, kenapa kita ga pake produk itu.

Soal bahan bakar, kita udah ga bisa pungkirin lagi kalo kita selalu pake produk dalam negeri yaitu dari PERTAMINA, Cuma orang-orang kaya aja yang mau beli di Shell atau Petronas, Cuma kalo masalah Oli mesin, pasti banyak yang pake TOP1, Castrol atau Repsol, kenapa coba kita ga pake Oli keluaran dari Pertamina, apa dosanya coba kita pake Oli dari PERTAMINA, emangnya kalo pae Oli dari PERTAMINA mesin bakal meledug, enggak kan...

Soal makanan dan minuman, sebagian besar orang-orang sering banget nongkrong di KFC, McDonald, Starbucks. Apa bedanya dengan rumah makan padang, rumah makan sunda, rumah makan tegal, atau warung kopi terkenal di indonesia. Menurut survey yang gw lakukan, gw membandingkan beberapa makanan dan minuman, misalkan ayam goreng! Lebih enak mana ayam goreng KFC atau ayam goreng Suharti, burger! Lebih enak mana burger McDonald atau burger Klenger, Kopi! Lebih enak mana kopi di Strabuck atau kopi luwak yang ada di indonesia, lebih enak mana, teh keluaran Sosro amaaa...??? teh kemasan buatan luar itu apa yah? Kayanya ga ada deh!.
gw rasa sebagian besar setuju ama gw kalo yang produk indonesia lebih enak daripada produk luar negeri, kalo masih belum setuju soal rasa, gw akan ngomongin harga, lebih murah mana yang produk indonesia atau produk luar negeri!? Kayanya jarang produk indonesia di soal makanan yang lebih mahal daripada produk luar negeri, kalo gw bandingkan soal ke aneka ragaman makanan dan minuman yang ada di indonesia dengan yang ada di luar negeri, gw ga ragu ngomong INDONESIA MENAAAAAANG! Mau di adu kayagimana juga indonesia bakal tetep menang, lo liat ajah, mana ada acara wisata kuliner di luar neger, kalo di indonesia, tiap daerah pasti adaaaaa aja makanan khasnya.

Nah sekarang apa kalian masih bingung untuk pake produk dalam negeri?


Menurut pemikiran gw, sebabnya adalah, GENGSI, iyah gengsi!, gini deh, misalkan lo pake baju OUVAL, terus ada pengamen di lampu merah, yang mereknya sama ama lo, pasti lo malu kan, makanya lo lebih milih baju impor biar ga disamain ama pengamen. Tapi baju impor tersebut di pake ama artis luar idola lo. Atau karena masalah harga, banyak kalangan menengah kebawah bisa beli baju produk indonesia, makanya biar lo ga mau disamain ama orang-orang kelas menengah kebawah, jadi lo lebih milih produk luar,

Pemecahannya adalah, kenapa harus gengsi dengan produk dalam negeri, emangnya kalo misalkan orang kaya amrik pake baju merek VOLCOM, terus ada gembel pake baju VOLCOM juga, tuh orang kaya malu pake baju VOLCOM, enggak kan, atau tuh gembel pake celana jeans LEVIS, emangnya orang kaya itu bakal malu, kagaaaaaak...

Itu karena merek mereka lebih mendunia, jadi mereka udah percaya kalo produk mereka udah di akuin di indonesia.

Coba misalkan semua orang pake baju keluaran DAGADU, atau JOGER, mau tuh baju di pake gembel juga lo ga bakal malu, malah lo bangga (gila tuh gemebel gaul juga yah pake baju DAGADU)

Atau coba ajah para atlet-atlet sepak bola, basket, atau bulutangkis make produk luar negeri. Misalkan Bambang Pamungkas pake produk SPECS, Denny Sumargo pake produk LEAGUE, atau Taufik Hidayat pake produk ASTECH, semua orang indonesia yang mau olahraga juga bakal lebih memilih pake perlengkapan produk Indonesia, ga ada yang namanya gengsi-gengsian.

Dari penjelasan gw di atas, gw menganjurkan dan mengajak lo semua buat memakai produk indonesia, selain bisa membantu produk kita di akuin di dunia internasional, kita juga bisa memperkaya negeri kita, coba lo bayangin kalo negara kita kaya, sekolah gratis, kuliah gratis, rumahsakit gratis, indonesia makin modern!

HIDUP PRODUK INDONESIA!!! MERDEKA ATAU MISKIN !!!

2 komentar:

  1. Setuju banget gan! Cintai produk dalam negri :)

    BalasHapus
  2. kalo ga salah ni jeans LEA itu buatan indonesia ko

    BalasHapus