Minggu, 17 Januari 2010

Letak rasa-rasa lidah

Letak rasa-rasa lidah

Buat yang anak-anak ipa atau buat anak-anak yang pernah belajar biologi, pasti udah pernah belajar tentang letak rasa-rasa lidah kan

Kalo ga salah sih itu pelajaran smp atau sma gitu, ya itu ga penting pelajaran smp atau play group sekalian

Dan gw yang anak IPS dan nilai-nilai biolgi yang ga pernah bagus mencoba meneliti letak rasa-rasa lidah

(dalam artian kalo ga salah)

1.letak rasa manis itu terlaetak di bagian ujung lidah

jadi bagian depan ujung lidah itu berfungsi untuk merasakan rasa manis, jadi jangan coba-coba ngerasain gula dengan bagian belakang lidah

2.letak rasa asam itu ada di bagian samping kanan lidah

pada bagian kanan lidah berfungsi untuk merasakan rasa asam, jadi kalo bagian lidah sebelah kanan ke gigit, lo ga bakal bisa ngerasain mangga muda yang aseeeem banget (tolong jangan ngeluarin air liur apalagi ngeces) jadi jangan heran kalo ketek pada tangan kanan lebih asem baunya

3.letak rasa asin itu ada di bagian kiri lidah

pada bagian kiri lidah berfungsi untuk merasakan rasa asin, jadi kalo lo mau berenang di pantai dan ga mau ngerasa asin, ya tinggal lo gigit aja lidah bagian kiri lo( ampe putus) gw yakin lo ga bakal bilang kalo ke telan aer laut ‘pueh! Asiiiin!’ dan kalo gw bolh usul buat daerah yang kena musibah kekeringan, gw saranin untuk gigit lidah bagian kirinya terus lari kepantai dan minum sepuasnya di laut ampe gembrot!

4.letak rasa pahit itu terletak di pangkal lidah atau di bagian belakang lidah

pada bagian belakang atau di bawah amandel atau apalah itu namanya yang ngegandul-gandul di dalem mulut, pada bagian itulah yang berfungsi untuk merasakan rasa pahit, jadi kalo lo mau minum obat biar ga kerasa pait, ya lo kunyah aja di bagian depan lidah, kan yang di depan Cuma untuk ngerasain rasa manis dan kalo lo emang ga mau pait yaaa janga di telen nanti kena pangkal lidah dan lo bakal ngeras pait jadi intinya ‘susah amat sih lo, buat sembuh aja ga mau pait, kalo dah mau mati aja baru tau rasa!’

semua letak rasa yang gw pelajari Cuma itu aja waktu gw sekolah, nah tapi ada satu yang ngeganjel di ati gw, kayanya ada yang kurang beberapa rasa gitu…
mau tau apa yang kurang…???

Sekarang gw Tanya!, buat para jago-jago biologi…

Dibagian manakah yang ada di lidah untuk merasakan PEDES!?

Dalam kurun waktu beberapa tahun dan melakukan meditasi di laboratorium penelitian ibu dan anak, gw belum nemuin dimanakah letak rasa pedes yang ada di lidah

Sebenernya kalo gw bilang, pedes juga termasuk rasa dong!, contohnya liat aja rasa-rasa mie instant, ada yang rasa ayam bawang, rasa soto dan juga ada yang rasa pedas, begitu pula dengan sambel. Ada yang asam manis, dan pasti ada yang pedes (yaiyalah namanya juga sambel!)

Tapi kenapa rasa pedes ini di diskriminasi ama lidah yang nggak di tempatkan letak rasa pedes di tempat yang semestinya!

Dan setelah gw teliti-teliti, dengan makan cabe rawit (yang gw rampok) di tempat tukang gorengan

Gw bereksperimen dengan memakan 2 cabe rawit yang gw makan di samping kanan mulut dan satu lagi di kiri mulut…

Dan yang terjadi, gw tetep ngerasain rasa pedesnya di bagian itu! kesimpulan yang gw ambil kalo sebenernya rasa pedes itu terletak hampir di seluruh lidah, karena setelah gw mencoba makan cabe di sisi manapun rasa pedes itu pasti kerasa, kecuali di pangkal lidah, karena gw taro di bagian dalem lidah dang w baru sadar kalo di pangkal lidah ga ada giginya dan akhirnya ketelen dan ga ada rasa sama sekali

Kemudian ada rasa yang juga di diskriminasi ama lidah, yaitu rasa ENEG, pernah denger rasa eneg, itu loh semacem rasa susu (basi) ya pokoknya semacem rasa yang menyambut muntah itu…

Contohnya : rasa susu yang sering di minum adek gw yang cewe, dia paling susah minum susu, pas di suruh minum susu dia pasti bilang “nggak ah, enek rasanya!” tuh kan sebenernya eneg juga termasuk dalam kelompok rasa

Tapi kenapa di dalam lidah ini ga ada letak buat rasa eneg, padahal kita tau kalo rasa eneg itu emang ada dan nyata (serem banget bahasanya)

Dan dengan eksperimen gw (ini beneran) yang sangat jenius bin ajaib, gw nyoba minum susu sebanyak 5 kaleng tanpa henti dengan asumsi 1 kaleng untuk 5 gelas, dan gw nyerah di gelas ke 8 (dengan jackpot di kamer mandi)

Gw menyimpulkan bahwa rasa eneg itu yang bisa merasakan adalah lambung atau perut, dia memeberikan informasi kalo rasa yang di terima adalah rasa eneg, jadi terbukti kalo lidah ama lambung itu sekongkol dalam urusan rasa

Jadi sekarang terbukalah misteri letak-letak rasa yang ada didalam lidah yang selama ini di teliti para professor dan nyatanya di temukan oleh gw hahahahahahaha aku memang jeniuuuusss (bletak!!! Siapa yang nampol gw yah)

Dan sekarang tingkat kualitas gw sebagai orang Indonesia meningkat, yaitu nanya sendiri jawab sendiri

Jadi segeralah lestarikan spesies orang kaya gw niscaya Indonesia ga bakal jadi tamu di negerinya sendiri (aduh ini sih kata-katanya ki tantular)

Tips : mendingan makan cabe di mamang gorengan, soalnya mamang gorengan suka bilang “beli gorengaaaan bonus cabeeeeeee”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar